application,

YII Framework : Pengenalan dan Instalasi

5:51 AM Hastanti S Putri 8 Comments

Sebagai seorang anak komputasi saya akan mencoba untuk menulis mengenai hal yang berbau komputasi :)

Apa sih YII framework?
Mungkin bagi yang baru mendengarnya akan bertanya, "apa sih yii framework?" YII merupakan singkatan dari Yes It Is! . Di website resminya yaitu www.yiiframework.com tercantum penjelasan dari YII. "YII adalah framework (kerangka kerja) PHP berbasis komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi web berskala besar. YII menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan".

Project ini pertama kali dikembangkan oleh Qiang Xue pada Januari 2008 dan pada Desember 2008 YII 1.0 dirilis untuk publik. Dan baru berselang beberapa tahun YII sekarang sudah menjadi PHP framework yang banyak diminati orang. Dan saya termasuk orang yang akan menggunakan framework YII dalam menggarap skripsi saya :)

Bagaimana cara Instalasinya?
Kali ini saya akan menjelaskan instalasi dengan menggunakan XAMPP, sebenarnya ada WAMPP, AMPPS, dll, tapi berhubung yang saya gunakan adalah XAMPP jadi saya akan menjelaskan instalasi menggunakan itu.

1. Download frameworknya langsung di http://www.yiiframework.com/download/ . Jika belum memiliki xampp bisa didownload di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html .
2. Setelah selesai mendownload, langsung di ekstrak dan beri nama folder yang mudah dan singkat, misalnya : yii.
3. Pindahkan folder yang telah di ekstrak ke dalam folder htdocs yang ada di dalam folder xampp ( C:\xampp\htdocs )
4. Jangan lupa buat aplikasi web yang akan menggunakan framework yii. Kalau saya menggunakan aplikasi netbeans, bagi yang belum punya dan ingin mencobanya bisa mendownloadnya di http://netbeans.org/ . Atau bisa saja dengan membuat folder kosong dari aplikasi yang akan menggunakan yii framework.
5. Sekarang masuk ke tahapan instalasi menggunakan command prompt. Buka command prompt dari start menu, ketik saja : cmd.
6. Lalu ketikkan perintah : cd c:\xampp\php untuk mengarahkan anda ke direktori tersebut.
7. Ketikkan lagi perintah : ..\htdocs\yii\framework\yiic webapp ..\htdocs\namafolderaplikasi
    bisa dilihat contohnya di gambar berikut. Jika ada pertanyaan create a web application, jawab yes.



8. Jika sudah sukses tercreate anda bisa membukanya melalui web browser , localhost/namaaplikasi
jika sudah sukses terinstall maka secara otomatis akan keluar templatenya
Selamat mencoba :)




You Might Also Like

8 comments: