beasiswa,

Beasiswa Master Degree KOICA di Korea Selatan

6:49 PM Hastanti S Putri 1 Comments





안녕하세요 :)

Hai, akhirnya gue punya waktu buat share tentang salah satu beasiswa master degree dari pemerintah Korea Selatan yaitu beasiswa dari KOICA. Kali ini gue akan cerita tentang gambaran umum dan proses seleksi dari beasiswa ini. Nah untuk cerita perjalanan gue mendapatkan beasiswa ini akan gue ceritakan di post selanjutnya secara lebih rinci per tahapan seleksinya.


Berikut pertanyaan yang sering gue terima dari para scholarship hunter : 

Jadi beasiswa KOICA itu apa sih?

Beasiswa KOICA adalah beasiswa master degree yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk para PNS dan Universitas di negara berkembang yang ada di Asia, Afrika, Amerika Latin, Middle East, dan CIS. PNS mana suaranya? kesempatan besar lho ini. Nah banyak juga yang nanya ada beasiswa S3nya ga? Berdasarkan informasi dari pihak KOICA Indonesia, hanya ada untuk master degree (S2) ga ada S1 atau S3nya.  

Untuk beasiswa ini, kamu hanya punya kesempatan untuk pilih 1 jurusan dan artinya ketika kamu pilih jurusan itu ya kamu pilih kampus itu. Jadi pastikan kamu pilih jurusan yang sesuai dengan kerjaan dan hati kamu.

Oh ya ini kuliahnya pake full english kok, jadi don't worry kalo misalkan belum bisa bahasa Korea, tapi kalau misalkan mau serius akan lebih baik sih kalau bisa bahasanya.

Jurusannya apa aja dan kampusnya mana aja sih?

Untuk hal ini bisa sama atau beda tiap tahunnya karena biasanya kerja sama KOICA sama kampus-kampus itu cuma 3 tahun. Jadi kemungkinannya ada 3, tetap sama, kampusnya sama tapi jurusannya beda atau ya sudah ga ada lagi kampusnya itu. Untuk intip-intip mana aja yang ada di tahun ini bisa cek link ini : http://www.koica.go.kr/koica_en/3470/subview.do 

Beasiswanya dibuka kapan sih?

Informasi pendaftarannya biasanya keluar di bulan januari dan waktu untuk persiapin dokumennya sangat singkat sampai bulan maret. Jadi yang pengen serius dapetin beasiswa ini bisa dicoba disiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebelumnya. 

Dokumen yang disiapin apa aja sih?

Dokumen yang diperlukan bisa coba nyontek dari pendaftaran beasiswa sebelumnya. Gak jauh beda kok biasanya. Nah itu ada di link sebelumnya yang gue kasih. Bisa di cek untuk gambaran proses seleksinya. Saran gue sih, walaupun ga ada batasan minimum untuk nilai TOEFL atau IELTSnya persiapkan dokumen itu sebaik-baiknya, semaksimal mungkin. Karena pasti tiap tahun saingannya akan semakin ketat. Karena kita bersaing bukan hanya dengan sesama orang Indonesia, tapi juga dari negara lain. 

Tahapannya apa aja sih?

Overall, tahapan semua kampus sama sih, cuma ada beberapa yang beda cara tesnya.

Tahap 1 : Screening dokumen KOICA Indonesia, wawancara tahap 1 di KOICA Indonesia dan screening dokumen oleh KOICA Pusat dan Universitas
Tahap 2 : Phone Interview dan Essay on the Spot
Tahap 3 : Medical Check up
Nanti setelah keterima adalagi medical check up terakhir tahap 4 di Korea. Tapi insyaallah kalau udah lolos tahap 3 kemungkinan besar udah keterima kok. 

Yang ditanggung apa aja sih?

Untuk beasiswa ini itu semua full support. Dari biaya tiket berangkat, biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi, settlement allowance, completion grant dan monthly allowance. Monthly allowance yang didapat tiap bulannya sebesar 999.000 Won. Lebih dari cukup kok kalo buat hidup di Korea, soalnya akomodasi udah ditanggung kan.

Sekian informasi soal beasiswa KOICA kali ini. Untuk tahapan lebih rinci akan gue sambung di post selanjutnya ya. Akan gue ceritain lebih rinci nantinya perjalanan gue bagaimana gue merangkak, sampai mau nangis pas persiapin semua ini, karena ini pertama kalinya gue daftar beasiswa. So, see you in the next post.

또 만나요!!

You Might Also Like

1 comment: