aceh,

Welcome to Simeulue

11:00 AM Hastanti S Putri 4 Comments

Finally sampai juga ke Simeulue, Pulau kecil di Ujung Barat Daya Indonesia. Tidak terasa juga sudah 1 bulan saya disini. Well, saya akan berbagi informasi tentang pulau kecil ini. Tidak banyak yang menulis tentang Simeulue, dan rata-rata informasi tersebut sudah lama, karena tidak banyak juga orang yang datang kesini. Tapi bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kalian tertarik datang kesini dan mengunjungi surga bahari di Simeulue.

Ketika menginjakkan kaki pertama kali di provinsi Aceh

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan informasi mengenai transportasi menuju pulau ini. Pada saat saya pertama kali datang kesini, jalur yang saya ambil adalah jalur udara menuju banda aceh dari Jakarta (karena tugas dinas, maka harus melalui banda aceh), kemudian menuju simeulue melalui jalur laut dengan menggunakan kapal dari Labuhan Haji. Kapal tidak berangkat setiap hari, oleh sebab itu jika ingin menggunakan jalur laut, maka harus mencari informasi terlebih dahulu kapan saja jadwal keberangkatan kapal.

Alternatif transportasi pertama adalah melalui jalur darat dan laut. Jalur darat dari banda aceh ke pelabuhan labuhan haji ditempuh dalam waktu 7 jam, dan jalur laut 8 jam, total 15 jam perjalanan. Untuk jalur darat dari banda aceh ke labuhan haji dapat menggunakan travel dengan biaya Rp 150.000,-. Jangan khawatir mengenai medan jalan disini, karena jalan raya dari banda aceh menuju labuhan haji seperti melewati jalan tol, halus, tidak ada lobang dan sepi, bahkan menurut saya lebih bagus daripada jalan tol di jakarta.

It's time to go to Simeulue

Setelah sampai di labuhan haji, bisa membeli tiket di loket pelabuhan. Tiket cukup murah, hanya Rp 45.000,- untuk kelas ekonomi, Rp 55.000,- untuk kelas bisnis dan Rp 65.000,- untuk kelas VIP. Saya akan jelaskan perbedaannya, untuk kelas ekonomi, tidak ada ac, dan duduk di bangku di luar. Untuk kelas Bisnis, ada AC (walau tidak selalu menyala di sepanjang perjalanan) dan tempat tidur seperti asrama, walaupun bukan dari kasur busa dan hanya dari papan tapi cukup nyaman untuk tidur rebahan setelah capek diperjalanan seharian. Untuk kelas VIP ada AC, tetapi bukan tempat tidur yang disediakan, melainkan bangku yang lebih besar dari kelas ekonomi, dan disediakan pemandangan langsung ke luar deck. Tetapi menurut saya, yang paling enak adalah kelas bisnis, karena kalian bisa tidur dengan lelap, sehingga perjalanan lama pun tidak begitu terasa.

Untuk jalur darat dan laut yang pertama sudah saya jelaskan, ada lagi alternatif berikutnya melalui Medan dan pelabuhan Singkil. Jarak tempuh menurut informasi yang saya himpun tidak begitu jauh berbeda dengan melalui labuhan haji, hanya berbeda 1 jam saja. Dan harga tiket kapal, berbeda lebih mahal Rp 10.000,- dari harga tiket kapal melalui labuhan haji. Selain itu waktu keberangkatan kapal hanya 2 kali dalam 1 minggu. Tetapi menurut pengalaman teman saya, perjalanan kapal dari medan tidak begitu ramai, sehingga nyaman untuk istirahat.

Jadwal Keberangkatan Kapal dari dan ke Labuhan Haji maupun Singkil

Alternatif berikutnya adalah jalur udara, ini bisa menjadi alternatif kedua jika kalian punya biaya lebih dan ingin hemat waktu perjalanan. Dahulu terdapat beberapa maskapai pesawat yang menuju Sinabang Lasikin (bandara Simeulue), tetapi untuk saat ini hanya tersisa 1 maskapai yang masih beroperasi, yaitu Susi Air. Kalian bisa naik pesawat dari banda aceh maupun medan, tetapi ada perbedaan harga tiket yang cukup signifikan antara aceh dan medan. Harga tiket pesawat dari Aceh adalah ± Rp 500.000,- sedangkan dari medan ± Rp 1.000.000,-. Harga dari aceh lebih murah karena merupakan penerbangan perintis dan mendapat subsidi dari pemerintah provinsi Aceh. Waktu tempuh perjalanan ± 2 jam. Pesawat dari medan beroperasi 3 kali sehari, sedangkan dari Aceh hanya beroperasi 3 kali seminggu, harinya kalau tidak salah Senin, Rabu dan Jum'at.

Ya itulah transportasi yang bisa menjadi pilihan utama untuk menuju keindahan surga bahari di barat daya Indonesia. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Penampakan Simeulue Island, foto ini saya ambil dari kapal


You Might Also Like

4 comments:

  1. Simeulue tinggal di mana mbak?
    Saya di sinabang. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  2. Saya tinggal di losmen sukmaraya. Salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. di Simeulue maen kemana aja teteh, pengen juga maen ke Simeulue

    ReplyDelete
  4. Di Simeulue alhamdulillah sudah main ke beberapa kecamatan, tapi saya belum sempat keliling ke pulau-pulau kecilnya, sibuk sama kerjaan soalnya :)

    ReplyDelete